a. Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab 

kepada Kepala Dinas.

b. Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh

satuan organisasi di lingkungan Dinas dalam urusan umum, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, perpustakaan, 

evaluasi dan pelaporan.

c. Untuk menyelengarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretariat mempunyai fungsi :

1. Melakukan penyusunan administrasi surat menyurat, kepegawaian, perlengkapan dan peralatan, urusan rumah

 tangga Dinas, keuangan, kearsipan dan dokumentasi;

2. Merumuskan dokumen perencanaan teknis rencana kerja, rencana kerja anggaran, dokumen pelaksanaan anggaran 

dan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran;

3. Merumsukan laporan keuangan laporan fungsional keuangan, bulanan dan tahunan;

4. Merumuskan bahan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, laporan keterangan  pertanggungjawaban, 

evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, dan laporan penyelenggaran pemerintah daerah;

5. Merumuskan laporan penatausahaan barang milik daerah, kartu inventaris barang, 

kartu inventaris ruangan, buku inventaris, buku induk inventaris, kartu pemeliharaan;

6. Mengkoordinasikan pemantauan,     evaluasi,     pengendalian     dan penilaian atas capaian pelaksanaan reformasi birokrasi;

7. Merumuskan dokumen administrasi kepegawaian, daftar urut    kepangkatan, bezzeting, peta jabatan, formasi;

8. Merumuskan penetapan kinerja dinas;

9. melaksanakan tugas selaku pejabat penatausahaan keuangan Dinas;

10.  Meningkatkan sumber daya aparatur Dinas;

11.  Merumuskan laporan evaluasi pelaksanaan tugas Dinas;

12.  Mengelola layanan informasi dan dokumentasi publik;

13.  Mengelola layanan pengaduan masyarakat; dan

14. Melaksanakan tugas dukungan terhadap penyelengaraan     pemerintah daerah.